Minggu, 18 September 2011

Kotoanau Dapat Sejuta Ikan Nila

Sumber : Padang Ekspres • Kamis, 04/08/2011 14:14 WIB

Masyarakat Nagari Koto anau, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok dapat jatah bantuan satu juta ekor bibit ikan nila, plus pakan 25 ton. Ekonomi masyarakat ke depannya diharapkan dapat membaik. Ditargetkan Kotoanau akan menjadi daerah sentra penghasil ikan air deras.Bibit bantuan tersebut bersumber dari APBD Sumatera Barat, diserahkan melalui Anggota DPRD Sumatera Barat ke masyarakat. Selanjutnya langsung ditebar di kolam dan sejumlah tambak milik warga. Masyarakat turut diberikan arahan dan bimbingan secara teknis.

Anggota DPRD Sumatra Barat, Eldi Sutrisno didampingi Ketua Pemuda Kotoanau, Rido, mengatakan, dengan adanya bantuan bibit ikan itu diharapkan ke depan dapat memberikan arti penting terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat petani ikan.

Bibit ikan semestinya terus dikelola dan dikembangkan secara profesional sesuai ilmu perikanan, sebab secara georafis potensi alam Koto Anau cukup menjanjikan.

Rido menambahkan, selama ini penggarapan ikan di daerahnya itu masih berlangsung secara tradisional, untuk dikonsumsi, belum mengacu pada petunjuk dalam ilmu perikanan. Namun dengan adanya pembinaan, disertai bantuan bibit sebanyak satu juta ekor, plus pakan 25 ton. Ke depannya diupayakan sektor perikanan terus menggeliat. Perekonomian warga diharapkan terus membaik.

“Ini jelas menjadi harapan baru bagi warga untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Namun pengelolaannya mesti sungguh-sungguh. Apalagi kondisi alam Kotoanau untuk itu cukup menjanjikan, air lancar, lahan masih banyak yang bisa dimanfaatkan,” imbuhnya. (mg9)

Tidak ada komentar: